Trik Mudah Belajar SEO Bagi Pemula

Trik Mudah Belajar SEO Bagi Pemula – SEO (Search Engine Optimation) merupakan sebuah trik / cara  yang dipakai untuk mengoptimasi sebuah halaman website agar memiliki memiliki posisi yang baik di  Search Engine. Bagi anda pemula yang ingin belajar tips dan trik SEO  banyak materi tentang teknik SEO di internet yang bisa anda pelajari secara Autodidak, selain itu anda juga bisa bergabung di Forum internet yang membahas tentang dunia SEO.

Bagi para pemula yang ingin mendalami dunia SEO pasti dihadapkan dengan beberapa pertanyaan terkait dengan SEO, diantaranya bagaimana cara agar website kita bisa dikunjungi oleh banyak orang , bagaimana agar orang bisa membeli produk yang kita jual melalui website, bagaimana cara agar website kita bisa mendapatkan banyak income. untuk menjawab pertanyaan diatas diperlukan beberapa tips dan trik SEO. Berikut ini tips dan trik dasar belajar SEO bagi pemula  yang dapat digunakan agar website anda bisa memiliki reputasi yang baik di mata search engine.

1. Template Website

Template website dengan desain SEO Friendly akan memberi nilai tambah dan dapat memperbesar peluang agar website anda bisa terangkat posisinya di halaman utama search engine. Beberapa ciri- ciri template yang SEO Friendly misalnya , Template yang valid CSS + HTML4 untuk menguji apakah website anda sudah valid XHML + Css bisa menggunakan tools online untuk cek desain website anda apakah sudah valid css + html berikut ini beberapa tools validator online yang biasa dipakai untuk menguji website anda https://jigsaw.w3.org/css-validator cara menggunakannya silahkan kunjungi link diatas dan masukan alamt website anda tools tersebut akan menginformasikan kepada anda mengenai syntang yang error dan yang anda harus revisi.

Selanjutnya Template Responsive , Google telah mengubah algoritmanya beberapa waktu lalu , google sekarang lebih senang dengan desain yang responsive , bagi pemain Google Adsense (GA) tentu sudah mengetahui hal tersebut. Sejak tanggal 21 April 2015 lalu Google secara masal telah memberitahukan kepada semua publisher Adsense tentang Perubahan yang dilakukan google dalam hal template ini dikarenakan dengan masalah earning.

Selain dua hal diatas template yang ringan juga merupakan salahsatu penunjang website anda bisa diangkat ke halaman utama google, bukan hanya memiliki reputasi baik saja di depan search engine saja namun template yang ringan juga sangat berpengaruh dalam hal aksesbilitas user.

Pengunjung sangan senang jika website yang dikunjungi fastloading atau kecepatan aksesnya sangat cepat , selain aksesbilitas user template website yang ringan juga sangat berpengaruh pada trafik, pengunjung sangat senang megakses halaman website yang loadingnya sangat cepat, karena ini ada hungungannnya dengan kebutuhan informasi , pengunjung lebih senang jika informasi yang dicari di internet bisa dengan cepat dan mudah hal tersebut bisa mencegah pengunjung untuk menunggu lebih lama dan merasa bosan dan akhirnya meninggalkan halaman website kita dan membuat trafik kita bermasalah.

Untuk Template yang seo friendly bisa anda dapatkan secara gratis di internet banyak penyedia template gratis di internet yang bisa anda download misalnya templatemonster, namun jika anda memiliki keahlian di bidang programming anda bisa membuat template dengan desain sendiri yang seo friendly.

2. Artikel

Banyak orang sering menulis Artikel yang panjang lebar tetapi tidak memperhatikan masalah Seo hal ini bisa berdambak buruk pada website, konten atau artikel merupakan jantungnya website selain template, artikel merupakan kunci utama reputasi sebuah website karena didalamnya terdapat informasi – informasi yang nantinya dicari oleh pengunjung melalui internet, semakin baik sebuah artikel yang dibuat maka semakin banyak juga orang yang akan mengunjungi website kita. Nah bagaimana menulis sebuah artikel yang SEO Friendly ..? Jawabanya adalah dengan mengoptimasi meta tag, untuk mengoptimasi meta tag tentunya anda harus mengerti dan memiliki pengetahuan tentang pemograman website karena SEO adalah permasalahan meta tags maka saya akan lebih fokus ke HTML (Hyper Text Makrup Language). Gambaran Umum tentang Struktur Pemograman HTML.

<html>

<head>

<title>Title Website</title>

</head>

<body>

Conten Website

</body>

</html>

 3. Keyword (Kata Kunci)

Untuk menulis sebuah artikel biasanya kita harus menentukan sebuah keyword (kata kunci), untuk permasaalah keyword anda bisa sesuaikan dengan nice blog / website anda , misalnya website anda membahas tentang kesehatan maka anda harus memilih keyword yang ada hubungannya dengan kesehatan , contoh obat , jantung , dll. Pertanyaannya apakah semua keyword yang berkaitan dengan nice blog anda secara merata bagus untuk seo..? jawabannya tidak semua , SEO adalah masalah psikologi pengunjung , informasi , dan income. Tentunya anda harus memilih keyword yang berhubungan dengan 3 masalah dia atas , seo adalah masalah psikologi artinya kita harus mengetahui kata kunci apa saja yang biasanya dipakai orang pada umumnya untuk mencari sebuah informasi di search engine.

Seo adalah masalah informasi artianya kita harus mampu menyajikan sebuah artikel yang benar benar sesuai target keyword yang telah kita tentukan sebelumnya misalnya keyword untuk jantung maka informasi yang anda muat harus isinya mengandung jantung.

Untuk Masalah income / penghasilan ini berhubungan dengan masalah marketing online misalnya PPC (Pay Per Click), Affilate, dll . pada umumnya para publisher yang menggunakan blog mereka sebagai sumber penghasilan selalu menembak keyword dengan bayaran tertinggi. Anda bisa menggunakan tools Google Planner atau tools sejenisnya untuk mendapatkan informasi tentang keyword dengan bayaran tertinggi. Setelah mendapatnya keyword yang akan di optimasi kita masuk ke teknik optimasi.

4. Title

Untuk Optimasi Artikel atau konten website, saya akan mulai dari meta tag title <title>. Title merupakan hal utama dalam SEO yang harus diperhatikan, title sangat dekat dengan masalah psikologi user , maka anda harus memilih keyword yang dapat mengundang pengunjung untuk membaca informasi website anda. Untuk mengoptimasi title pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan keyword setelah menentukan keyword anda bisa langsung mengoptimasi keyword yang anda pilih dengan teknik Long Tail Keyword.

Contoh Keyword “Jantung” kata kunci utama adalah “Jantung” untuk mengoptimasi dengan menggunakan long tail keyword anda tinggal mencari kata – kata lain turunan dari kata kunci utama yang relevan dengan main keyword (kata kunci utama) dan panjang title yang bagus untuk seo tidak lebih dari 70 karakte dan harus mengandung keyword.

<title>9 Ciri Jantung yang sehat</title>

<title>3 Cara mencegah Serangan Jantung.</title>

Setelah mengoptimasi tag title selanjutnya mengoptimasikan tag descriptioan <meta name=”description” content=””> Untuk Mata tag deskripsi anda bisa mengisinya dengan desksipsi singakat dari artikel yang dibuat dan tentunya harus mengandung keyword. Panjang deskripsi yang dibuat tidak lebih dari 160 karakter.

<meta name=”description” content=”ini adalah deskripsi singkat tentang artikel /website anda yang panjangnya tidak lebih dari 160 karakter”>

Selanjutnya mengoptimasi artikel melalui meta keyword <meta name=”keywords” content=”keyword1,keyword2,keyword3.dst…”> jumlah keyword yang baik tidak tidak lebih dari 200 dan tentunya harus mengantung kata kunci untama. untuk mengoptimasikan isi konten artikel agar bisa SEO Friendly anda bisa menggunakan tag untuk konten. Artikel yang seo friendly harus mengandung beberapa tag antara lain <h1>untuk heading , <i> untuk huruf miring , <b> untuk huruf tebal. Sekian artikel saya tentang Trik Mudah Belajar SEO Bagi Pemula